Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Etos Kerja Guru terhadap Disiplin Belajar Siswa PDF Print E-mail Dibaca: 192
  
Jurnal Edukasi Nusantara Volume 1 Nomor 2 Penulis : Elin Warlinasari
Jurnal : Jurnal Edukasi Nusantara
Edisi : Volume I Nomor 2
Bulan Terbit : November 2012
Penerbit : LEARN: Lembaga Edukasi dan Aplikasi Riset Nusantara
Epaper : Baca Online Download

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan yang bersifat kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa yang diperoleh secara cluster and purposive sampling dari populasi 242 orang siswa. Untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan etos kerja guru terhadap disiplin belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Cikoneng dilakukan dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social and Science) versi 12.0 yang dilakukan melalui uji koefisien korelasi, uji t dan uji F, dan uji regresi. Hasil penelitian ini adalah Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap disiplin belajar siswa MI Cikoneng Kabupaten Sumedang sebesar 10,6%. Pengaruh etos kerja guru terhadap disiplin belajar siswa MI Cikoneng Kabupaten Sumedang sebesar 1,5%. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan etos kerja guru terhadap disiplin belajar siswa MI Cikoneng Kabupaten Sumedang sebesar 11,2%. Hubungan penerapan Kepemimpinan Kepala Madrasah (X1) dan Etos kerja guru (X2) sebesar 17,8%. Ini menunjukan bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap etos kerja guru mempunyai hubungan sebesar 17,8% dengan kata lain kontribusi Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan etos kerja guru hanya 17,8%, sisanya sebesar 82,2% yang dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Kata kunci: Kepemimpinan, etos kerja, disiplin belajar